Pelatihan Sablon dan Bengkel Las Guna Meningkatkan SDM Masyarakat Desa Kampung Hilir

Photo bersama dengan Camat dan staff pemerintah desa

DKH – Pemuda dari masa ke masa telah menjadi tonggak estafet perkembangan bangsa. Perannya yang sangat eksis dan dinamis membuat citra bangsa berada pada wajah para pemuda. Salah satu bagian dari parameter keberhasilan sosok pemuda adalah saat pemuda bisa mandiri terhadap kehidupannya serta berkontribusi pada lingkungan sekitar.

photo : Kegiatan Praktek Membongkar mesin motor matic                      photo : praktek edit gambar dgn program photoshop dan corel

 

Pemerintah desa kampung hilir berperan aktif dan selalu memberikan kontribusinya untuk para pemuda. Setidaknya ada beberapa pemuda sebagai penerima manfaat aktif mengikuti program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh pemerintah desa kampung hilir dalam rangka merealisasikan sebagian dari program-program pemerintah melalui anggaran dana desa tahun 2017. Program tersebut dikemas dalam bentuk Pelatihan sablon digital dan manual serta Bengkel Las motor laut dan darat yang ditujukan kepada pemuda yang ingin memiliki kemampuan dan melatih dirinya dibidang tersebut agar kelak memiliki keahlian sehingga secara mandiri bisa memiliki penghasilan dari keahlian yang diajarkan melalui Pelatihan pelatihan tersebut.

Pelatihan ini telah berlangsung selama 10 hari, yang di mulai dari hari rabu (15/11) dan di buka sekaligus di resmikan langsung oleh bapak camat tambelan Akhyaruddin, S. Pd. pada pukul 08.30 Wib di ikuti oleh 14 peserta terdiri dari 7 peserta pelatihan sablon dan 7 peserta lagi di bidang bengkel las motor laut dan darat yang di ambil dari tujuh Rt yang ada di desa kampung hilir. Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) bekerjasama dengan Pihak Narasumber yang di datangkan dari luar kota dan lokal. Seluruh peserta juga mendapatkan materi dan pelatihan yang maksimal dari pihak narasumber profesional guna mempelajari ilmu yang diberikan.

 

Ismutiar selaku Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “HILIR SEHATI” menjelaskan pelatihan sablon dan las motor laut dan darat tersebut merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang tersebut untuk mengembangkan potensi warga. “Diharapkan kedepan akan lebih baik. Dengan adanya pelatihan dari desa harapanya ada pengembangan kedepan untuk potensi masyarakat, dan BUMDes Hilir Sehati Siap memfasilitasi atau menyiapkan lapangan kerja dan merekrut bagi peserta yang berprestasi,” ujarnya.

photo : Kegiatan Praktek Membongkar mesin motor matic                      photo : praktek edit gambar dgn program photoshop dan corel

Sementara itu, Rama Agustian, Pj Kepala Desa Kampung Hilir menjelaskan tujuan diadakannya berbagai macam pelatihan di desa kampung hilir ini untuk mencetak pribadi atau kelompok wirausaha di desa kampung hilir ini yang mana para peserta pelatihan merupakan masyarakat yang mayoritas nelayan dan belum mempunyai pekerjaan yang tetap. “Sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat desa kampung hilir. Sebab kami melihat peluang usaha sablon khusunya di kecamatan tambelan ini sangat menjanjikan terutama untuk kaos-kaos dan kantong-kantong plastik kemasan industri rumah tangga,” jelasnya.

Rama Agustian pun menjelaskan bahwa pelatihan ini menjadi langkah awal untuk membentuk home industri. Dan Warga pun diarahkan untuk mandiri lewat home industri tersebut.

photo : Kegiatan Praktek Membongkar mesin motor matic                      photo : praktek edit gambar dgn program photoshop dan corel

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada TPK. Karena dengan pelatihan ini telah memberikan saya banyak ilmu yang baru saya ketahui terutama ilmu pengelasan ini. Semoga ilmu yang diberikan memmbuat saya menjadi orang yang ahli dalam ilmu sablon agar saya bisa mandiri dan mendapatkan pekerjaan yang membuat kehidupan keluarga saya menjadi lebih baik,” ujar Ridho salah satu peserta pelatihan sablon. (Cak)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan