Lobang Jepon (jepang) yang tinggal kenangan

Photo : lobang jepang yang berada di RT 01, tampak penuh derngan sampah

DKH- Lobang Jepon atau Gua Jepang selain terdapat di Bukit Tinggi, Sumatra Barat juga ada di Kecamatan Tambelan dan di Desa Kampung Hilir ada sekitar tiga lobang Jepang yang kini tidak terurus dan di jadikan tempat pembuangan sampah.

Photo : lobang jepang yang berada di RT 01, tampak penuh derngan sampah

Sangat disayang kan lobang Jepang ini memilki nilai sejarah dengan masyarakat Tambelan dahulu yang mana konon ada dua versi cerita di masyarakat yang beredar pertama bahwa lobang Jepang ini digunakan untuk persembunyian masyarakat pada saat pesawat sekutu terbang di langit Pulau Tambelan dan cerita yang kedua lobang ini akan digunakan untuk membunuh masyarakat pada saat itu, ini sebagian cerita yang beredar di masyarakat saat kami mencari tau tentang sejarah lobang Jepang.

Photo : lobang jepang yang berada di RT 05 di penuhi sampah kaca dan sekarang tertutup semak belukar

Tetapi sejarah tinggal lah sejarah lobang Jepang ini hanya menjadi cerita atau buah bibir di masyarakat saat ini. Saat tim Broadband desa kampung hilir memeriksa lobang-lobang jepang yang berada di Desa Kampung Hilir, kondisinya sangat memperihatinkan yang mana dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah oleh masyarakat .

Lobang Jepang yang berada di pulau Tambelan ini apabila di perbaiki dan di rawat bisa jadi salah satu Objek Wisata Sejarah dan destinasi untuk turis-turis yang datang ke Tambelan. Masyarakat berharap kedepan lobang Jepang ini bisa dijadikan salah satu Objek Wisata oleh Pemerintah Desa melalui BUMDES.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan