Olahan Hasil Laut Oleh Ibu-ibu

photo : salah satu ibu-ibu yang membuat kerupuk ikan Desa Kampung Hilir

DKH. Kerupuk ikan laut adalah makanan kaya protein. Dimana bahan dasarnya berupa ikan yang selalu dipanen oleh nelayan dalam jumlah melimpah. Anda tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan hasil laut satu ini. Pembuatan kerupuk ikan laut pun relatif mudah dan tidak membutuhkan banyak modal.

Kerupuk merupakan makanan ringan yang kini mulai digemari banyak orang. Selain karena harganya yang ekonomis, kerupuk pun cocok untuk dijadikan lauk pendamping saat makan berat. Bahkan ada orang yang merasa saat makan belum nikmat tanpa adanya kerupuk. Salah satu jenis kerupuk yang membuat lidah bergoyang adalah Kerupuk Ikan.

photo : disaat senggang para suami membantu istri untuk menjemur kerupuk ikan

Desa Kampung Hilir Kecamatan Tambelan Meski berada sekitar 250 mil dari Ibu Kota Kabupaten Bintan, terjauh dibanding kecamatan lain, namun untuk urusan membantu suami mencari tambahan uang, para perempuan di Desa Kampung Hilir tak kalah dari perempuan di perkotaan. Usaha tambahan dalam membantu suami yang kebanyakan pekerjaannya kelaut dan salah satu olahan hasil laut selain ikan asin (ikan garam) adalah olahan Kerupuk ikan.

Di antara banyak jenis usaha yang digeluti kaum perempuan di Desa ini, pembuatan kerupuk ikan menjadi paling favorit. Jika datang ke Tambelan atau Desa Kampung Hilir, di sepanjang jalan lorog/gang akan langsung terlihat ibu-ibu rumah tangga menjemur kerupuk ikan.

photo : proses penjemuran kerupuk ikan

Home industri atau industri rumahan yang ada salah satunya pembuatan kerupuk ikan.  Produk masyarakat desa kampung hilir yang mana udah sangat lama ada. Usaha pembuatan kerupuk ikan asli tambelan ini banyak digeluti oleh ibu – ibu ini ada dua macam kerupuk yang diproduksi oleh ibu-ibu rumah tangga atau home industri yaitu kerupuk ikan mentah dan kerupuk ikan masak yang mana harga perkilo untuk kerupuk ikan mentah sebesar Rp. 100.000 yang mana bahan dasar dari ikan tenggiri dan untuk kerupuk ikan masak perkilonya Rp. 30.000 yang mana kerupuk ikan hasil home industri ini kebanyakan di jual di rumah dan dititip diwarung – warung dan terkadang ke luar Tambelan seperti Bintan dan Tanjungpinang hingga Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat. Di harapkan Gerakan ekonomi kerakyatan ini  layak dibantu pemerintah untuk pengembangan dan untuk kemajuan ekonomi kerakyatan.

Kerupuk ikan asli tambelan ini pun biasanya dijadikan oleh-oleh bagi pendatang yang berkujung ke kecamatan tambelan selain ikan asin dan rasa kerupuk ikan ini pun tak kalah dengan kerupuk dari daerah lain.

Facebook Comments

2 thoughts on “Olahan Hasil Laut Oleh Ibu-ibu

Tinggalkan Balasan