Desa Kampung Hilir Memperingati Maulud Nabi Muhammad S.A.W

Photo : tampak masyarakat bersama Sekdes dan Kepala Desa yang lama Bapak Maryadi

DKH – Setiap tahun, umat Islam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dalam istilah Islam disebut Maulid Nabi SAW. Cara mereka dalam merayakan maulid pun berbeda-beda dan punya keunikan tersendiri. Contohnya di Tambelan salah satu kecamatan Pulau terluar di kabupaten bintan, peringatan Maulid Nabi dilakukan dengan tradisi MAULUD.

Photo : bingke berendam makanan khas saat memperingati Maulud Nabi

Maulud merupakan tradisi tua dari nenek moyang masyarakat Islam Tambelan terdahulu, yang dilaksanakan turun-temurun antar generasi. Maulud merupakan tradisi lama yang hingga kini masih terpelihara dengan baik.

Photo : tampak masyarakat mengantarkan dulang bingke

Setiap masjid & Mushalla/Surau di seluruh Tambelan melaksanakan tradisi ini. Masyarakat muslim menyiapkan Makanan tradisional, seperti Bingke Berendam yang di sertai gorengan pisang dan nasi serta lauk pauknya yang di buat oleh masyarakat dan di bawa menuju ke masjid/surau terdekat.

Kue khas Maulud, yakni “Bingke Berendam” yang berbahan dasar telor, santan dan gula pasir menariknya lagi cara makan bingke ini disertai pisang goreng, dan terlebih lagi tentang makanan ini ialah lezat, manis, dan Nikmat pastinya.

Tradisi Maulud yang seperti ini hanya ada di Tambelan saat Maulid Nabi tiba. Tradisi ini diawali dengan melantunkan zikir dan pembacan kitab Barzanji sepanjang pagi hingga Sore hari di setiap masjid dan surau, setiap hari bergantian dari masjid/surau yang ada di kecamatan tambelan. Selain Bingke ada juga “Bunge Telo” atau bunga telor yakni gelas plastik yang dihias berbagai macam warna dan di isi dengan nasi rempah/nasi lemak serta di kasih satu butir telor rebus menjadi sajian wajib dalam tradisi ini.

Photo : tampak tamu undangan dan masyarakat menikmati sajian

Warga secara sukarela membuat bunge telo dan nasi serta lauk pauk maupun buah-buahannya untuk diantar ke masjid. Semua dari hidangan yang ada di makan dan di nikmati bersama-sama para tamu undangan dan masyarakat.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan