Bencana Alam Menimpa Desa Kampung Hilir Dan Kecamatan Tambelan Lumpuhkan Aktifitas Warga

photo: tanah longsor menutupi jalan raya Tambelan yang berada di RT 01 Desa Kampung Hilir

DKH-Hujan deras tanpa jeda yang terjadi selama tiga hari tiga malam mengakibatkan sejumlah tempat di wilayah Kec. Tambelan terendam banjir dan longsor Minggu (14/1/2018). Beberapa rumah warga desa kampung hilir rusak di terjang longsor dan banjir, juga puluhan rumah di Kecamatan Tambelan terendam banjir dan longsor serta belasan rumah rusak di tiga desa lainnya.

Tanah longsor menyebabkan beberapa rumah warga desa kampung hilir rusak dan terendam lumpur, diantaranya rumah pak irul dan pak sam penuh lumpur di dapur rumahnya,  lapangan voli Desa hilir ketutup tanah Pemakaman lama desa hilir Runtuh/longsor hingga beberapa kuburan di duga juga ikut terseret longsor.

photo: tampak photo batu miring RT 05 roboh dan hampir merobohkan tiang listrik.

Sedangkan di Desa Hilir yang kena longsor selain rumah warga ada juga Jalan Raya Desa Hilir sekitar sepanjang 10m tertutup lumpur setinggi -+ 70cm yang berada di wilayah Rt 001 dan Rt 002 Rw 001, dan Batu Miring RT 005 Rw 002 ambruk sepanjang – + 7m.

Bpk. Rama Agustian Selaku Pj. Kepala Desa Kampung hilir Menyatakan” dalam peristiwa itu, tidak terdapat korban jiwa. Akan tetapi Jika ditaksir, kerugian materil untuk bencana yang ada di desa kampung hilir diprediksi sekitar Rp 250 juta,”.

Photo: tampak rumah warga yang terkena tanah longsor

Sementara ini pemerintah desa memberikan bantuan sebesar 5 juta rupiah untuk konsumsi dan keperluan kegiatan gotong royong. Selanjutnya pemerintah desa kampung hilir berusaha memprioritaskan pembangunan ulang batu miring Rt 002 dan Rt 005 serta renovasi/pembenahan beberapa drainase/parit yang mengakibatkan banjir. “Tambah Rama”

Pemerintah Desa Kampung Hilir juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bintan dan Dinas terkait untuk dapat memberikan bantuan, dan Alhamdulillah insya Allah hari selasa (16/01/18) bantuan tersebut akan tiba yang di bawa oleh Pemerintah Kabupaten Bintan dan Dinas terkait “Ungkapnya.

Sementara itu, menurut pantauan Kabardesa.kampung hilir, hujan tiga hari tiga malam tiada henti sehingga mengakibatkan tanah lonsor,Ditambah lagi air laut pasang yang menyebabkan terjadi luapan sungai di Desa Batu Lepuk. Akibatnya puluhan rumah di Batu Lepuk terendam banjir pada malam hari.

Photo : tampak masyarakat bergotong royong membersihkan lokasi bencana

Sedangkan di Kelurahan Sekuni, terdapat beberapa rumah yang rusak berat akibat tanah longsor seperti rumah Sabarudin, Nuraibah, Siswandi, Erni, Ian Muttaqin, Fauzan, Azidin.

Di Desa Kukup yang kena longsor adalah rumah Abdullah Sani, masjid Dakwatul Islamiah, dan jalan raya RT 004 RW 02 Desa Kukup.

Sedangkan Desa Batu lepuk hampir 70 persen rumah kena banjir setinggi 50 cm hingga sepinggang orang dewasa.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan