Realisasi Dana Desa TW 1 Prioritaskan Pembangunan Dan peningkatan Fasilitas Umum Desa Kampung Hilir

Desa Kampung Hilir (DKH 02/04/2018)  – Penggunaan dana desa yang disalurkan pemerintah ke desa – desa masih fokus pada pembangunan infrastruktur perdesaan. Aparatur bersama masyarakat diminta untuk memanfaatkan dana desa sebaik-baiknya demi mewujudkan pemerataan pembangunan di pedesaan untuk kepentingan masyarakat.

Pemerintah Desa Kampung Hilir Kecamatan Tambelan Kabupaten Bintan mengalokasikan dana desa 2018 untuk pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana yang difokuskan pada penambahan fasilitas umum pembangunan jalan dan pemberdayaan masyarakat.

photo : tower penampungan air bersih surau/mushola

Untuk realisasi tahap pertama pemanfaatannya disesuaikan dengan prioritas yang ditetapkan dalam musyawarah dusun pada saat pelaksanaan perencanaan. Adapun yang mendapat prioritas adalah pembangunan infrastruktur renofasi jalan, pembangunan batu miring drainase, penambahan fasilitas umum (tempat ibadah & pendidikan) serta pemberdayaan masyarakat. Selain itu juga ada pendanaan lain untuk pelatihan – pelatihan dan insentif guru TPA yang dibawah naungan Desa serta kegiatan PKK, POSYANDU, KARANG TARUNA Desa Kampung hilir.

Pj Kepala Desa Kampung hilir, Amrisan Ferianto menyampaikan penggunaan dana desa masih fokus ke pembangunan infrastruktur. Menurutnya berdasarkan hasil prioritas yang ditetapkan dalam perencanaan saat musyawarah desa, masyarakat diberi kebebasan untuk menentukan skala prioritas.

photo : jembatan penghubung/lorong RT 02

“Berdasarkan hasil prioritas yang ditetapkan dalam perencanaan saat musyawarah desa, masyarakat diberi kebebasan untuk menentukan skala prioritas untuk pembangunan di Triwulan (TW 1). Dan yang mendapat perhatian adalah jalan kantor desa dan batu miring parit yang rusak saat tertimpa musibah banjir, jembatan lorong RT 2, pembangunan penampung air surau/mushalla Ubudiyah ”, jelas Pj Kades Amrisan.

photo : batu miring parit RT 06

Dilanjutkan Pj Kades Amrisan , “Alasan pembangunan berfokus pada Insfrastruktur, lantaran kegiatan pembangunan infrastrukstur yang saat ini sedang di laksanakan sangat di butuh kan oleh masyarakat setempat”.

Harapan Pemerintah Desa, dengan terlaksananya peningkatan fasilitas umum yang ada bisa menjadi akses yang lebih mudah bagi masyarakat desa kampung hilir.

Warga Rt/Rw yang bertempatan dibangun menyambut baik dengan adanya peningkatan fasilitas yang ada. Namun demikian diakui bahwa selain pembangunan infrastuktur desa Kampung Hilir masih membutuhkan sarana dan prasarana lainnya untuk menunjang berbagai aktifitas dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa.

“Kami senang jembatan/pelantar lorong kami sudah di perbaiki yang dulunya pakai papan sehinga takut saat mengendarai motor melintasi pelantar/ jembatan laut”, Ungkap Apriadi warga Rt 002.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan