Festival Lampu Cangkok 2018 Kabupaten Bintan

Desa Kampung Hilir – Dalam rangka Festival Lampu Cangkok 2018 yang digelar Pemerintah Kabupaten Bintan, Desa Kampung Hilir Kecamatan Tambelan ikut serta berpartisipasi memeriahkan acara tersebut.

Bapak Camat Beserta Sekcam dan Pj kades, menghidupkan Lampu cangkok

Dalam penyulutan api lampu cangkok pertama kali dilakukan oleh Camat Tambelan Hidayat ZA didampingi Sekcam Baharudin S. Pd, serta Kasi Kesra Kecamatan Tambelan dan PJ Kades Kampung Hilir Amrisan Ferianto pada hari senin 11/06/2018 jam 21.00 Wib setelah shalat tarawih.

Pada tahun ini dan kali pertama pembuatan lampu cangkok Desa Kampung Hilir di area kebun PKK RT05/RW02 Dusun II dibuat sangat sederhana, dikarenakan informasi yang didapat pemerintah Desa Kampung Hilir dari panitia penyelenggara sangat mendadak.

Namun walau informasi tentang pembuatan lampu cangkok mendadak dan waktu sangat singkat karena hampir lebaran antusias perangkat dan lembaga Desa serta masyarakat sangat luar biasa. sehingga mebuahkan hasil yang maksimal bagi masyarakat Desa Kampung Hilir, ” Ujar Amrisan Ferianto PJ Kades Kampung Hilir”.

PJ Kades Kampung Hilir Amrisan Ferianto menambahkan ” sangat mengapresiasi kepada Staff, Perangkat, Lembaga dan semua lapisan masyarakat Desa Kampung Hilir atas semangat dan kegigihannya dalam bergotong royong walau saat bulan puasa.

Dari pantauan kabar desa Kampung Hilir, warga Kampung Hilir tumpah ruah ke jalan dan lokasi penyulutan untuk menyaksikan keindahan lampu cangkok yang sederhana itu.

Masyarakat yang datang bukan hanya sekedar menyaksikan penyulutan lampu cangkok , namun banyak di antaranya mereka yang mengabadikan acara itu dengan berfoto dan mengunggah lampu cangkok ke akun media sosial pribadinya.

Lampu cangkok adalah alat penerangan sederhana terbuat dari kaleng bekas yang diberi sumbu kompor dan minyak tanah sebagai bahan bakar.

Pada zaman dahulu, lampu cangkok sebagai penerang jalan orang dari rumah ke rumah dan pergi ke mushalla/masjid pada malam hari. Kini para masyarakat dan pemuda pemudi  membuat berbagai macam gerbang masuk lorong desa dari api cangkok tersebut.

Masyarakat Desa Kampung Hilir berharap kepada Pemerintah Kabupaten khususnya Panitia penyelenggara agar jauh-jauh hari dapat menginformasikan tentang kegiatan tersebut, sehingga kami dapat mempersiapkan segala sesuatunya sehingga kamipun dapat memaksimalkan dalam membuat lampu cagkok, “Ujar Minggos Ketua RW 002 Desa Kampung Hilir.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan