Desa Kampung Hilir(DKH) 06/07/2018-Dalam rangka upaya untuk memasyarakatkan gemar makan-makanan berbahan dasar ikan, Pemerintah Desa Kampung Hilir mengadakan Pelatihan Pembuatan Abon Ikan, Kegiatan pelatihan tersebut bertempat di Balai Pertemuan Desa Kampung Hilir dan secara resmi dibuka oleh PJ. Kepala Desa Kampung Hilir, Kamis (5/07) kemarin. Bapak Amrisan Ferianto selaku PJ. Kepala Desa Kampung Hilir mengatakan bahwa di desa ini atau di kecamatan Tambelan pada umumnya memiliki potensi ikan yang sangat melimpah. Ikan yang melimpah membuat pihak Pemerintah Desa Kampung Hilir sebagai penyelenggara pelatihan ingin memanfaatkannya menjadi bahan olahan berupa abon.

Dari sumber yang terpercaya bahwa ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi berupa protein, lemak, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Ikan yang melimpah juga dapat memberikan suatu masalah dalam proses konsumsi, karena orang cenderung akan jenuh apabila mengkonsumsi ikan yang kurang berinovasi dalam mengolah makanan dari bahan dasar ikan. Olahan pangan dari bahan dasar ikan ini sebenarnya sangat banyak macamnya, salah satunya adalah abon ikan. Narasumber Syam Budi Prayugo menyampaikan bahwa selama ini para ibu kurang begitu mempedulikan penataan penyajian makanan. Sementara hal itu dianggap sangat penting, karena penataan makanan yang tepat, mampu menaikkan selera makan. Narasumber juga memaparkan materi tentang sanitasi dan higienis dalam pengolahan pangan berbahan dasar ikan.

Setelah narasumber menyampaikan materi, langsung dilanjutkan dengan praktek pembuatan abon ikan. Kegiatan pelatihan pembuatan abon ikan diikuti oleh semua perwakilan dari masing-masing Rt di Desa Kampung Hilir. Pelatihan pembuatan abon ikan ini dilaksanakan selama 3 hari. Praktek pembuatan abon ikan terbagi menjadi 3 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 anggota yang memiliki tugas masing-masing seperti mengolah ikan yang telah dikukus, membuat bumbu, menumis ikan dengan bumbu meniriskan minyak sampai menjadi abon. Menurut Salbiyah warga Rt 07 Rw 03 salah satu peserta pelatihan bahwa kegiatan ini sangat positif, “Artinya kami ibu-ibu rumah tangga, sebagian dari kami selama ini tahunya hanya sebatas memasak ikan menggoreng, disayur, membuat krupuk dll, dengan kegiatan seperti ini nantinya kami akan lebih kreatif dalam mengolah ikan dan tentunya bisa kita jadikan olahan/Home Industri sehingga bisa menambah pemasukan bagi kami” Ujar Salbiyah.

Pj. Kepala Desa Kampung Hilir mengungkapkan “semoga dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kreatifitas dalam mengolah ikan, sarana peningkatan perekonomian dan menjadi sumber pendapatan masyarakat Desa Kampung Hilir”. Ungkap Pj. Kepala Desa, Amrisan Ferianto.

Pasca pelatihan diharapkan kaum ibu dapat menularkan ilmu yang diperoleh kepada warga dan masyrakat yang lain di desa kampung hilir termasuk tetangga kanan-kiri, serta bisa meningkatkan ekonomi warga Desa Kampung Hilir. Namun, ada satu kendala dari Pemdes Kampung Hilir . “Yaitu, memasarkan produk-produk hasil olahan/ Home Industri kami kepasar yang lebih luas(luar daerah) ,” ujar Juraida Kasi Kesra Desa Kampung Hilir . Ia berharap pemerintah kabupaten maupun pusat dapat bekerjasama dan membantu dalam memasarkan produk-produk hasil olahan/ Home Industri Desa kami.

semoga kegiatan tersebut bermanfaat bagi masyarakat kampung hilir dan sukses selalu untuk desa kampung hilir amin. (Cak)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan