BPD Desa Kampung Hilir Mengadakan Musdes Penyusunan RKP Tahun 2019

DKH (18/10/2018) – Dalam rangka penyusunan Rancangan Peraturan Desa tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa Kampung Hilir Tahun 2019, Badan Permusyawaratan Desa Kampung Hilir melaksanakan Musyawarah Desa. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencermati ulang Program kerja Pemerintah Desa Kampung Hilir pada tahun 2019 dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Kampung Hilir Tahun lalu., Kegiatan ini dibuka oleh Camat Tambelan Hidayat ZA Rabu (17/10/2018).

photo ; tampak PJ Kepala Desa Kampung Hilir memberikan sambutan

Musdes RKP Desa yang dilaksanakan di Balai pertemuan Desa Kampung Hilir ini diikuti oleh unsur BPD, Pemerintah Desa, unsur lembaga kemasyarakatan desa, perwakilan kelompok usaha masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidik, pendamping Kecamatan, perwakilan perempuan serta perwakilan pemuda yang ada di Desa Kampung Hilir.

Camat Tambelan Hidayat ZA menyampaikan bahwa Musdes RKP Desa adalah media untuk merencanakan pembangunan tahun 2019 dengan menampung usulan-usulan terkait dengan program pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan.

“Usulan tersebut nantinya akan ditampung dengan mengambil beberapa usulan prioritas untuk rencana kerja pada tahun 2019 mendatang sesuai dengan aspirasi masyarakat,” katanya.

Hidayat ZA mengajak semua peserta untuk mengikuti Musdes dengan sebaik-baiknya agar tujuan pembangunan Desa Kampung Hilir bisa tepat sasaran dan manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat. “Usulan dari peserta Musdes merupakan dasar untuk dijadikan acuan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Kampung hilir Tahun 2019,” jelasnya.

Photo ; masyarakat dalam musyawarah desa memberikan usulan-usulan

Menurut Hidayat ZA, Musdes RKP Desa ini bertujuan untuk bermusyawarah merencanakan pembangunan Desa Kampung Hilir tahun 2019 yang didasarkan pada masukan-masukan/usulan warga.

“Keberhasilan suatu program diawali dengan perencanaan yang baik. Pembangunan fisik atau non fisik dimulai dengan perencanaan yang matang sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik, tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat, ” tegasnya.

Selanjutnya hadirin diminta untuk menyampaikan pendapat dan masalah yang ada di desa. Penyampaian tersebut nantinya akan menjadi catatan dan bahan pertimbangan bagi pemerintah desa untuk menentukan kebijakan dalam rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) 2019 nantinya sebelum disahkan dalam APBDes 2019.

Dari Musyawarah Desa tersebut, diputuskan bahwa tidak semua kegiatan dianggarkan dalam APBDes Tahun Anggaran 2019, namun dapat diusulkan ke Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Daerah, Provinsi dan Nasional Tahun Anggaran yang akan datang. Sedangkan kegiatan yang dapat didanai oleh APBDes Tahun Anggaran 2019, dapat menjadi bahan Musrenbangdes untuk ditentukan Skala Prioritas Kegiatan Pemerintah Desa Kampung Hilir Tahun 2019 Nantinya. (Cak)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan