Camat Tambelan Melantik Anggota BPD Desa Kampung Hilir Antar Waktu

DKH,13/12/2018

Camat tambelan Hidayat ZA. melantik salah satu anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kampung Hilir, Selasa (11/12/2018), di Gedung Pertemuan Desa kampung hilir. Dalam sambutannya Camat Tambelan mengingatkan bahwa BPD merupakan mitra kepala desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Anggota BPD yang dilantik tersebut yakni Izwandi, diangkat sebagai anggota BPD Desa Kampung Hilir dikarenakan menggatikan salah satu anggota BPD Desa Kampung Hilir yang secara sah sudah resmi mengundurkan diri dikarenakan berpindah tempat. “BPD dalam melaksanakan tugas dan fungsinya merupakan mitra kepala desa dalam menjalankan roda pemerintahan,” tegas Hidayat ZA ketika memberikan sambutan usai melantik salah satu anggota BPD tersebut.

Selanjutnya Hidayat ZA menekankan kepada semua anggota BPD yang baru dilantik agar segera mengadakan musyawarah, untuk menetapkan pimpinan keanggotaan BPD. “Pimpinan terdiri dari satu orang ketua satu orang wakil ketua dan satu orang sekretaris,” kata Hidayat ZA.

Tak kalah penting, menurut Hidayat ZA, BPD juga wajib menyusun tata tertib BPD, untuk pegangan mereka dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

photo : masyarakat desa memberikan selamat

Diingatkan Camat Tambelan kembali jika fungsi dan tugas BPD yang merupakan mitra kepala desa, berhak mengawasi dan meminta keterangan tentang penyelenggaraan pemerintahan desa kepada pemerintahan desa, menyatakan pendapat atas penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat. “Mendapatkan biaya operasional dari anggaran pendapatan dan belanja desa,” timpal Hidayat ZA.

Selain melaksanakan, dia juga mengingatkan bahwa BPD mempunyai fungsi membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa. “Selain fungsi BPD yang tersebut di atas, BPD dapat melakukan pengawasan kinerja kepala desa,” ujar Hidayat ZA.

Hidayat ZA menjelaskan terdapat dua pola hubungan antara pemerintahan desa dengan BPD. Menurutnya, antara pemerintah desa dan BPD saling melakukan konsultasi dinamika kehidupan masyarakat desa, sehingga melahirkan kesepakatan bersama. Dengan pola ini, dia yakin dapat terjadi dalam proses penetapan kebijakan desa, agar tercipta kebijakan desa sesuai dengan kepentingan masyarakat desa secara keseluruhan.

Acara pelantikan tersebut juga dihadiri Perangkat maupun Kelembagaan desa Kampung Hilir dan beberapa tokoh masyarakat desa kampung Hilir. (Cak)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan