JARAK DAN WAKTU BUKANLAH KENDALA UNTUK BERHENTI MEMBANGUN INDONESIA DARI PINGGIRAN “DESA MEMBANGUN”

DKH, 08/01/2019

Jarak dari desa kampung hilir kecamatan tambelan untuk menuju ke ibu kota kabupaten bisa ditempuh dengan jarak kurang lebih 21-25 jam/satu hari satu malam menggunakan kapal laut, itupun kalau cuaca bagus kalau cuaca tidak bagus bisa sampai 30 jam, apalagi bisa sampai ke Jakarta tentunya dibutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Namun hal itu  bukanlah suatu penghalang bagi desa kampung hilir kecamatan tambelan untuk menjadikan desa kampung hilir lebih maju dan meningkat dalam segi pembangunan insfrastuktur maupun peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) nya, tergantung mau dan tidaknya kita untuk membangun Indonesia dari pinggiran yakni dari Desa, itulah yang di ungkapkan oleh para Pandu Desa kampung hilir.

photo : Sekcam Tambelan berdiskusi dengan Bakti Kominfo pusat dan BP2DK

Yang mana baru-baru ini telah dilaksanakan kegiatan diskusi atau dialog antara Pemerintahan Desa Kampung Hilir dan beberapa desa sekitar dengan pihak Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Pusat, serta Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa Dan Kawasan (BP2DK) selaku narasumber pada kegiatan tersebut yang di lakukan menggunakan Video Call dari Kantor BAKTI PUSAT pada Jum’at Minggu lalu (04/01) dengan fasilitas seadanya yakni jaringan internet yang dimilikinya dari bantuan KEMKONINFO melalui Program Desa Boadband Terpadu (DBT) yang hanya berkapasitas bandwidth (-+) 3 Mbps.

Photo : tampak Bakti dan BP2DK lansung dari pusat

Tema pada kegiatan tersebut ialah peningkatan kapasitas SDM dalam pengelolaan BUMDes dan BUMADesa melalui usaha perluasan Internet Desa.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Desa, Sekdes, ketua kelembagaan desa BPD, LPM, BUMDes, PKK  dari beberapa desa di kecamatan tambelan diantaranya Desa Batu Lepuk, Desa Kampung melayu, Desa Kukup, dan Dihadiri Plt Sekcam Tambelan bahkan hadir di kegiatan tersebut salah satu anggota Dewan DPRD Kabupaten Bintan Komisi III Helmy SH, Pendamping Desa Kecamatan Heri Imelza.

Selain itu Kegiatan tersebut sangat menuai banyak apresiasi mulai dari Direktur Layanan Telekomunikasi & Informasi Badan Usaha BAKTI Dhea Anugrah Febriansa, Direktur BP2DK Irman Meilandi dalam sambutannya dan Kades, Sekdes serta beberapa peserta dalam kegiatan tersebut saat berdiskusi.

Alhamdulillah dari hasil pertemuan pada kegiatan tersebut membuahkan hasil yang sangat baik, yang mana desa-desa yang ikut serta dalam kegiatan tersebut sangat menyambut baik dan mendukung terselenggaranya sebuah unit usaha dari BUMADesa yakni perluasan internet desa. Bahkan disampaikan pendamping desa dari kecamatan tambelan Hery Imelza mengatakan pada saat rapat koordinasi setelah acara tesebut, menghimbau kepada desa-desa yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, “agar menganggarkan di APBDes masing-masing desanya sekitar Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah) dan dirinya akan memperkuat argumennya di pengajuan DPMD Kabupaten”.

 

Kesimpulan dari semua hasil kegiatan tersebut adalah besar harapan para peserta agar kiranya pemerintah kabupaten Bintan Melalui Dinas PMD mendukung penuh terrealisasinya peningkatan perluasan Internet Desa, mengingat sangat pentingnya akses internet di desa-desa terluar khusunya di kecamatan Tambelan Kabupaten Bintan.(admin)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan