Kepala Desa Kampung Hilir Beserta Aparatur Desa dan kelembagaan Desa Melakukan Ronda Malam

DKH-Sistem Keamanan Lingkungan atau biasa di sebut Siskamling merupakan upaya masyarakat dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban lingkungannya, juga sebagai cara untuk memberikan perlindungan dan pengamanan dengan mengutamakan pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman serta gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Dalam rangka menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) adalah merupakan tugas TNI (Tentara Nasional Indonesia), sedangkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban bangsa dan negara secara umum dilakukan oleh Polri (Kepolisian Republik Indonesia), akan tetapi di lingkungan masyarakat kecil dalam tingkatan RT / RW dan Dusun Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat setempat.

Pemerintahan Desa Kampung hilir menghidupkan kembali Siskamling ditingkat Desa, gagasan ini timbul dengan hampir dekatnya dengan pesta demokrasi atau pemilu Untuk menjaga stabilitas keadaan lingkungan di desa kampung hilir.

Kepala Desa Kampung Hilir bapak Maryadi Disela-sela Ronda malam tadi mengatakan, mulai dari perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat hingga pemuda telah digerakkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan di Desa Kampung Hilir.

Photo : Pos Ronda Satu

“Siskamling  atau Ronda malam ini sudah dimulai malam tadi (11/03/2019) mulai dari Jam 23.00 Wib  hingga jam 04.00 wib di bagi menjadi dua Pos ronda. Pos Ronda pertama terletak di wilayah Dusun 1  Rt 02 Rw 01 dan untuk Pos Ronda kedua terletak di dusun 2 Rt 06 Rw 03 dan Alhamdulillah sampai saat ini belum ada tindak kriminal di Desa Kampung Hilir sehingganya tercipta aman dan nyaman,” pungkasnya.

Photo : Pos Ronda Dua

Selain Perangkat Desa, BPD dan Kelembagaan Desa, Bhabinkamtibmas Desa Kampung Hilir (Hotman Silalahi) dan Banbinsa Desa Kampung Hilir ( Edi Saputra) Beserta Satpol Pamong Praja Desa (Subakti) ikut serta dalam kegiatan Siskamling Desa kampung Hilir.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan