Pemdes Kampung Hilir Sosialisasi Adminduk 2019

DKH (27/06/19) – Pemerintah Desa kampung Hilir menggelar kegiatan Penyuluhan dan Penyadaran Masyarakat Tentang Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2019 melalui Program Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Kegiatan tersebut di laksanakan di balai pertemuan Desa Kampung Hilir di buka secara resmi oleh Maryadi Kepala Desa kampung Hilir pagi tadi.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Budiana, S.Sos  Kasi Pendataan Penduduk dari Disdukcapil Kabupaten Bintan, Leni Petugas pencatan sipil Kecamatan Tambelan, BHABINSA, BHABINKAMTIBMAS, pengurus kelembagaan Desa serta beberapa perwakilan masyarakat desa kampung hilir.

Kepala Desa Kampung Hilir Maryadi dalam sambutannya menghimbau kepada para peserta penyuluhan agar benar-benar memperhatikan dan menyimak secara seksama apa-apa yang di sampaikan oleh narasumber nantinya sehingga bisa memahami betapa pentingnya administrasi kependudukan bagi pemerintah maupun yang bersangkutan, Ia menambahkan agar masyarakat yang mengikuti penyuluhan ini juga menginformasikan masyarakat lainnya.

Kepala Seksi Pendataan Penduduk Disdukcapil Kabupaten Bintan, Budiana, S. Sos dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa selain untuk meningkatkan pelayanan, penyuluhan dan sosialisasi ini juga bertujuan memberikan pemahaman khususnya mengenai masa berlakunya KTP elektronik. “Semula KTP elektronik berlaku selama 5 tahun, sekarang diubah menjadi berlaku seumur hidup,” terangnya. Selain itu sosialisasi juga membahas tentang sanksi kepada masyarakat yang tidak taat administrasi kependudukan yang datanya tidak jelas atau minimal 3 tahun tidak diperbaharui maka akan di blokir sementara datanya dan akan di aktifkan kembali setelah di perbaharui datanya, juga sosialisasi tentang pencetakan dokumen, penerbitan akta kelahiran maupun kematian dan hal lainnya. “Mudah-mudahan diharapkan masyarakan taat dan sadar akan pentingnya data kependudukan untuk segala urusan kedepannya,” harap Budiana.

Budiana menambahkan, juga mengapresiasi atas inisiatif tentang pembuatan Kartu Identitas Anak yang di lakukan oleh Pemerintah Desa Kampung Hilir Bulan lalu, yang mana untuk kecamatan Tambelan baru desa kampung hilir lah yang  melakukan trobosan memfasilitasi penghimpunan data masyarakat satu pintu guna pembuatan Kartu identitas Anak (KIA), Pungkasnya. (Cak)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan