https://www.facebook.com/photo.php?fbid=738396599910689&set=a.129567424126946&type=3&theater

DKH-10/07/19 Dirilis dari laman Facebook salah satu warga Desa Kampung Hilir An. Fajar Renaldi, mengexpous sebuah gambar di laman facebooknya gambar seorang wanita yang sedang berjalan di pantai bebatuan yang menampakkan view pemandangan laut dan gunung-gunung di kampung Tambelan yang diberinya judul Macam Aquarium Aek Tambelan.

Dari sekilas melihat foto tersebut ternyata Tambelan memiliki keindahan dan kecantikan alam serta bahari yang sangat exotis dan masih tersimpan, sehingga menjadikan admin ingin berbagi tentang keindahan dan exotisme alam maupun lautnya sehingga menurut admin layak untuk di jadikan sebagai obyek wisata alam maupun wisata bahari yang rekomended sekali.

 

Berbicara destinasi wisata yang layak dan patut di kunjungi di daerah tambelan untuk mengisi liburan sangat banyak sekali, yang admin rekomendasikan di antaranya ada pasir pantai pulau selentang, di pulau selentang terdapat hamparan pasir pantai yang sangat panjang dan lautnya yang tidak begitu dalam sehingga bisa di jadikan untuk berenang maupun snorkeling melihat keindahan bawah lautnya, disana juga terdapat selat pantai karena di sekitaran pulau selentang terdapat pulau pulau kecil yang berdampingan sehingga sangat indah sekali pemandanggannya untuk berfoto bersama keluarga, di pulau selentang juga sudah terdapat home stay dengan nuansa rumah kampung untuk para wisatawan yang ingin bermalam yang harganyapun sangat terjangkau.

Foto : Laut Pulau Selentang

Selain wisata Bahari di tambelan juga terdapat wisata alam yaitu pendakian gunung kute, gunung kute adalah gunung tertinggi di tambelan pendakian gunung kute untuk sampai ke puncak di butuhkan waktu sekitar (-+) 1 jam, yang mana ketika kita mendaki gunung tersebut dan sampai di puncaknya kita akan merasakan kepuasan yang sangat luar biasa, bagaimana tidak ketika kita mendaki di pagi hari antara pukul 04.00 wib setelah sampai di puncak kita akan di suguhkan dengan indahnya sunrise dari ufuk timur.

Foto: Tampak dari atas Gunung Kute Tambelan

Tidak hanya itu ketika kita berwisata ke tambelan bukan hanya sekedar wisata alam dan bahari saja, namun juaga ada wisata religi yakni ziarah makam Sultan Abdullah Muaiyatsyah, Sultan Abdullah Muaiyatsyah adalah bernama awalnya Sayyid Abu Bakar Raja Bungsu, atau Sultan Johor ke-7 memerintah tahun  1615-1623. Marhum Tambelan ini semula makamnya terletak di suatu bukit bernama Bukit Bentayan (Mentayan). Oleh Sultan Mansur dan saudaranya bernama Sultan Yahya.  Makam tersebut di pugar dan di pindahkan ke tempat yang sekarang ini dan oleh PSK telah di lindungi oleh Undang-undang monumenten Ordonansi STB 238 1931 dengan lokasi di Desa Batu Lepuk Tambelan. (Cerita lengkapnya kunjungi link berikut ini https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/makam-sultan-abdullah-muayat-syah-marhum-pulau-tambelan/ )

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/makam-sultan-abdullah-muayat-syah-marhum-pulau-tambelan/

Dan satu lagi, kurang lengkap rasanya ketika kita jalan jalan di suatu daerah tanpa menikmati kuliner khas daerah tersebut, Tambelan juga tidak kalah dengan daerah daerah wisata lainya terkhusus wisata kulinernya, tambelan memiliki beragam kuliner khas tambelan yang sangat nikmat dan menggoyang lidah saat di cicipinya, mulai dari bingke berendam, ingul ingul, dan masih banyak lagi kuliner lainnya, nah yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat tambelan maupun masyarakat luar tambelan, makanan tersebut adalah Bubur Pedas kami nyebutnya bubo pedas, bubo pedas adalah makanan sejenis bubur yang berbahan dasar beras yang sudah di sangrai, mie, pucuk daun bagok/melinjo, kacang tanah, jamur, kembang tahu yang di padukan dengan rempah rempah khas tambelan sehingga menjadikan bubo pedas nikmat dan lezat membuat yang makan jadi ketagihan.

Foto By Google

Ayo bagi para traveler maupun pecinta wisata untuk mencoba obyek wisata yang ada di tambelan, apalagi di desa kampung hilir kecamatan tambelan sudah menyediakan paket wisata yang sangat lengkap fasilitasnya, mulai dari speed boot, perlengkapan snorkeling dan skin diving yang sangat terjangkau.(admin)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan